Rencana Wisata: Anggaran Biaya ke Ujung Kulon yang Efisien

rencana wisata anggaran biaya ke ujung kulon yang efisien
rencana wisata anggaran biaya ke ujung kulon yang efisien
5/5 - (1 vote)

Jadikan rencana wisata alam Anda ke Ujung Kulon lebih matang dan mudah ditebak, beserta informasi penting mengenai detail biaya yang harus Anda keluarkan untuk menuju Kawasan Taman Nasional Ujung Kulon Banten

Membuat rencana wisata alam ke Ujung Kulon. Merencanakan perjalanan Anda sendiri ke Taman Nasional Ujung Kulon? Mengapa tidak? Apakah Anda bisa mendesain sendiri ala backpacker tanpa harus melibatkan agen atau tour operator jika ingin datang ke Ujung Kulon? Tentu saja bisa, di era keterbukaan informasi ini sangat memungkinkan setiap orang bisa merencanakan sendiri dimanapun mereka mau tanpa harus bergantung pada pihak ketiga. Namun hal-hal penting berikut ini harus Anda perhatikan agar agenda wisata Anda bisa terlaksana dengan baik, bukan sebaliknya.

Siapa yang tak kenal Taman Nasional Ujung Kulon. Kawasan seluas sekitar 122.956 hektar ini menjadi taman nasional pertama yang diresmikan pemerintah Indonesia pada tahun 1992, setelah ditetapkan sebagai Warisan Dunia oleh UNESCO pada tahun 1991. Tempat ini merupakan habitat alami dan suaka bagi badak jawa yang kini hanya tinggal berjumlah puluhan.

Transportasi Pedesaan di Ujung Kulon yang digunakan masyarakat sekitar untuk melakukan perjalanan antar desa dan kota. Menghitung waktu yang tepat merupakan hal yang paling penting jika Anda menggunakan transportasi umum.

Taman Nasional Ujung Kulon

1# Mobil Pribadi, Sewa atau Kendaraan Umum

Transportasi darat menuju Desa Sumur, desa terakhir sebelum memasuki Kawasan Taman Nasional Ujung Kulon, menjadi hal pertama yang harus Anda pikirkan matang-matang. Anda dan rombongan bisa memilih menggunakan angkutan pribadi, sewaan atau bahkan angkutan umum.

Sebaiknya tidak naik mobil sedan ke Ujung Kulon

Jika Anda berencana datang ke Ujung Kulon dengan kendaraan pribadi, saran paling tepat adalah memilih kendaraan dengan sasis tinggi dari jalan raya, seperti MPV dibandingkan sedan. Hindari tabrakan mobil saat mendekati Ujung Kulon, jalan mulai bergelombang dan rusak akibat hujan dan kendaraan berat yang membawa kayu.

Jika menggunakan angkutan umum, dari Jabodetabek jalur angkutan umum menuju desa Sumur melalui kota Serang menggunakan Public Elf. Perhatikan masalah waktu, karena dengan angkutan umum waktu tidak dapat diprediksi justru karena semakin banyak orang yang menunggu di jalan menunggu penumpang.

2# Kapasitas Perahu Wisata Ujung Kulon Minimal 25 orang

Perahu Wisata Bahari Ujung Kulon, Ada dua jenis perahu wisata di Ujung Kulon yang bisa digunakan berdasarkan kapasitasnya. Kapal pesiar dengan muatan 25 orang dan 40 orang. Disarankan untuk tidak menggunakan perahu nelayan atau perahu yang berukuran lebih kecil, terutama pada saat angin barat dan ombak besar.

Setelah mendekati Desa Sumur dengan transportasi darat, perjalanan Anda tidak berhenti sampai di sini. Anda harus menempuh perjalanan lagi selama 3 (tiga) jam mengarungi lautan menuju Pulau Peucang, jika berencana bermalam di Kawasan Taman Nasional Ujung Kulon.

Penyedia perahu jelajah atau untuk keperluan wisata atau memancing di Ujung Kulon belum mencukupi, sebaiknya pesan jauh-jauh hari atau bersedia menggunakan perahu atau perahu nelayan lokal.

Tarif sewa perahu atau kapal pesiar untuk mengantarkan Anda ke Ujung Kulon, menjelajahi pulau-pulau dan menuju spot snorkeling adalah sekitar Rp. 3.000.000 hingga Rp. 4.000.000,- (durasi 2 hari). Sama pentingnya dengan masalah akomodasi di Ujung Kulon, urusan kapal juga sangat penting dan harus diselesaikan jauh sebelum pemberangkatan.

Mintalah kapten kapal untuk menjemput Anda di dermaga atau penjemputan yang telah disepakati. Sesampainya di Desa Sumur rombongan bisa langsung menuju kapal tanpa harus menunggu lebih lama lagi.

Nakhoda kapal dan awak kapal adalah ujung tombak selama berada di Ujung Kulon, orang-orang penting selama perjalanan di kawasan Taman Nasional Ujung Kulon. Karena segala kebutuhan perjalanan termasuk makanan sehari-hari akan dilayani oleh Kapten dan kru, jika jumlah peserta cukup banyak maka Kapten akan menyertakan chef khusus untuk memastikan panci nasi tidak kosong.

Negosiasikan biaya kebutuhan konsumsi selama perjalanan, jangan sampai terjadi kekurangan, mereka yang pandai bisa melakukan negosiasi agar segala kebutuhan perjalanan baik laut maupun darat lancar.

3# Menginap di Tenda, Barak atau Resort?

Fasilitas atau layanan penginapan ala backpacker setara hotel atau resort? Seperti halnya mempersiapkan kebutuhan kapal wisata, Anda juga harus mempersiapkannya jauh-jauh hari. Pelayanan dan fasilitas yang Anda pilih akan sesuai dengan biaya sewa per malam yang harus Anda bayarkan. Tarif sewa akomodasi di Ujung Kulon bervariasi mulai dari Rp 100.000 hingga Rp 500.000 per orang per malam. Silakan sesuaikan dengan budget yang sudah Anda siapkan.

Bagi para backpacker, mereka lebih memilih menginap di Pulau Peucang, sebuah fasilitas penginapan yang disediakan pihak Taman Nasional untuk umum. Perlu hati-hati jika anda dan rombongan datang di akhir pekan, karena pengunjungnya banyak maka sistem booking tidak berlaku lagi, siapapun yang datang lebih dulu mendapat tempat tidur.

Lebih aman jika harus bermalam di Pulau Peucang, pesanlah bungalow Flora atau Fauna yang bisa dipesan jauh hari sebelumnya. Harga sewa per kamar di Pulau Peucang sekitar Rp 500.000/hari dengan kapasitas maksimal 3 orang per kamar.

Dengan semakin populernya wisata alam di Ujung Kulon, banyak pelaku wisata dan masyarakat yang berlomba-lomba membangun fasilitas wisata khususnya akomodasi. Beberapa hotel kecil, bungalow, dan homestay mulai bermunculan silih berganti di sepanjang Desa Sumur hingga Taman Jaya. Ada lebih banyak pilihan untuk menginap ketika mengunjungi Ujung Kulon

Tak mendapat kamar atau akomodasi di Pulau Peucang bukan berarti semuanya sudah berakhir. Anda bisa melirik fasilitas penginapan yang disediakan masyarakat sekitar di Desa Sumur dan Taman Jaya.

Harga jauh lebih bersahabat, antara Rp. 200.000 hingga Rp 300.000 per kamar satu malam dengan fasilitas yang memadai dan nyaman untuk istirahat malam.

4# Jelajah Pulau, Wisata Bahari, Snorkeling atau Scuba Diving

Saatnya mulai menentukan aktivitas wisata apa saja yang akan Anda lakukan di Ujung Kulon. Kegiatan bertema Wisata Bahari, Safari Satwa, Trekking, Eksplorasi Pulau, Snorkeling, Camping atau bahkan Scuba Diving? Semuanya akan berkaitan dengan biaya karena setiap aktivitas alam di Ujung Kulon mempunyai tarif tersendiri dari Bagian Pengelolaan Taman Nasional Ujung Kulon.

Siap berangkat, tinggal jalan kaki dan beraksi menuju Ujung Kulon! Tunggu dulu, ada satu lagi masalah pembiayaan yang perlu kamu urus, biaya masuk kawasan dan aktivitas selama di Ujung Kulon juga perlu diperhitungkan terlebih dahulu. Banyaknya kegiatan juga berarti besarnya biaya yang harus dikeluarkan, belum termasuk biaya kapal pengantar jika kapal tidak dapat sandar dan berlabuh di dermaga. Berikut tarif resmi yang dikeluarkan pihak Taman Nasional Ujung Kulon kepada wisatawan yang berkunjung dan melakukan aktivitas.

Menyewa peralatan snorkeling atau membawa sendiri sangat penting untuk dipertimbangkan. Daripada jauh-jauh ke Pulau Badul tidak bisa melihat keindahan bawah lautnya karena tidak diperhitungkan persewaan peralatan. Jangan kehilangan kacamatamu,

Biaya Wisata Alam ke Ujung Kulon per Orang

JENIS BIAYA WNI WNA
Tiket Masuk
Hari Kerja
Hari Libur
IDR 5.000
IDR 7.500
IDR 150.000
IDR 225.000
Asuransi IDR 3.000 IDR 3.000
Biaya Sandar Kapal Motor
KMK 1
KMK 2
IDR 150.000
IDR 100.000
Aktivitas Wisata Alam Ujung Kulon
Karang Copong IDR 10.000
Padang Cidaon IDR 10.000
Tanjung Layar IDR 15.000
Cibom IDR 15.000
Cijengkol IDR 20.000
Ciramea IDR 25.000
Ciramea TJ IDR 35.000
Cibunar IDR 50.000
Snorkeling IDR 15.000
Mancing IDR 25.000
Fasilitas Wisata Ujung Kulon
Cibom Boat IDR 250.000
Cidaon Boat IDR 150.000
Jukung IDR 100.000
Dapur IDR 100.000
Scuba Diving + Guide IDR 150.000
Isi Tabung Selam IDR 40.000
Camping IDR 15.000

*sumber: Balai Taman Nasional Ujung Kulon – Seksi Pengelolaan Taman Nasional Wilayah Handeleum

 

5# Sebuah Contoh dan Ilustrasi Itinerary Selama di Ujung Kulon

Sangat penting untuk memilih rencana perjalanan yang tepat. Waktu dan tempat yang tepat di Ujung Kulon akan menentukan pengalaman unik dan menarik ketika berkunjung ke Kawasan Lindung Ujung Kulon. Anehnya, momen berhasil mengabadikan harimau jawa di Padang Savana Cidaon juga karena kuatnya jalur yang dilalui.

Perjalanan selama 3 hari 2 malam

    • Hari 1 – Perjalanan menuju Desa Sumur
      • 20.30 Persiapan keseluruhan
        21.00 Berangkat menuju Ds. Sumur
    • Hari 2 – Explore Ujung Kulon, Snorkeling, Jungle Trekking dan Wildlife Monitoring
      • 05.00 Tiba di Desa Sumur
        06.00 Sarapan dan Persiapan menuju Pulau Peucang
        07.00 Naik kapal dan perjalanan menuju Pulau Peucang
        10.00 Tiba di Pulau Peucang, aktivitas foto-foto dilanjutkan snorkeling spot Ciapus dan Citerjun
        11.30 Kembali ke base camp bersih-bersih dan makan siang
        13.00 Perjalanan menuju Tanjung Layar
        15.00 Lanjut explore Karang Copong
        16.00 Trekking ke padang pengembalaan Cidaon, Wildlife monitoring
        17.00 Berlabuh dan kembali ke Pulau Peucang, bersih bersih, acara bebas menunggu makan malam
        19.00 Saat nya makan malam 20.00 Acara santai sambil ngobrol dengan sahabat baru perjalanan
        22.00 Waktunya istirahat, recharge untuk acara esok
    • Hari 3 – Explore Pulau Handeleum, Pulau badul dan Kembali ke Jakarta
      • 05.00 Persiapan pribadi
        06.30 Sarapan
        07.30 Check out penginapan dan kembali menaiki kapal di dermaga Pulau Peucang
        08.00 Berlayar menuju Pulau Handeleum
        09.00 Berlabuh diPulau Handeleum dan menuju Muara Sungai Cigenter
        09.10 Canoeing (bersampan) di muara Cigenter
        11.00 Kita kembali menaiki kapal, makan siang diatas kapal sambil berlayar menuju Pulau Badul
        12.00 Snorkeling di spot Pulau Badul, dan menikmati suasana pulau
        13.30 Kembali menaiki Kapal, untuk melanjutkan perjalanan kembali ke Ds. Sumur
        15.00 Berlabuh di pantai Sumur, bersih-bersih dan menaiki bis untuk persiapan menuju Jakarta
        16.00 Berangkat menuju Jakarta
        22.00 Perkiraan sampai di Plaza Semanggi Tour berakhir, sampai jumpa di trip dan destinasi selanjutnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *