Wisata Green Santirah: River Tubing Populer di Pangandaran

wisata green santirah river tubing populer di pangandaran
wisata green santirah river tubing populer di pangandaran
5/5 - (1 vote)

Wisata Santirah atau Green Santirah yang berasal dari Desa Siswari, Parigi, Pangandaran, Jawa Barat populer dengan aktivitas arung jeram dengan RIver Tubing

Sungai Santirah mengalir jernih dari hulu ke hilir melalui gua-gua di antara tebing tinggi dan terjal. Wisatawan akan mengarungi jalur sungai selama kurang lebih 2 jam dengan jarak 1,5 km. Dengan adanya kegiatan River Tubing ini Santirah atau Green Santirah mulai populer dan terkenal dikalangan pecinta alam khususnya kegiatan arung jeram.

River Tubing merupakan kegiatan arung jeram dengan menggunakan perahu berbentuk bulat yang umumnya terbuat dari ban mobil. Tidak dilengkapi dengan dayung seperti kegiatan rafting atau arung jeram pada umumnya. Kasau sungai dilengkapi dengan perlengkapan keselamatan seperti jaket pelampung, helm dan foot decker.

Yang unik dari kegiatan River Tubing di Green Santirah ini adalah kegiatan di permukaan air dengan arus sedang hingga deras ini diterjemahkan sebagai kegiatan berkelompok atau beregu, walaupun setiap orang mendapatkan fasilitas tubing pribadi, namun bukan berarti akan berpindah-pindah dan meluncur sendiri, tapi bersama-sama. , saling terkait satu sama lain untuk membentuk jalur ikatan panjang dari masing-masing pipa.

River Tubing, walaupun bisa dilakukan oleh dua orang, namun aktivitas river rafting di Green Santirah lebih seru jika dimainkan secara berkelompok, antara 7-12 orang, asyik dan seru untuk membangun kebersamaan bersama keluarga atau teman kantor.

Green Santirah di Desa Selasari, Pangandaran

Desa Wisata Tulisari yang akhir-akhir ini sering disebut dan mendapat julukan sebagai desa sejuta pesona wisata alam, semakin populer di kalangan pecinta aktivitas alam di Jawa Barat dan Pangandaran pada khususnya.

Pantai Batu Hiu, Batu Karas, Cagar Alam Pananjung, Green Canyon, Green Coral dan Green Valley yang sebelumnya lebih dikenal wisatawan, sebelumnya merupakan destinasi wisata populer. Namun beberapa destinasi baru dengan nama Goa Lanang, Goa Sutra Reregan, Bukit Pepedan dan tentunya Santirah perlahan mulai melambung tinggi dan dikenal wisatawan, melengkapi dan memperkaya khasanah wisata di sekitar Pangandaran.

Untuk menuju Green Santirah sangatlah mudah, Anda bisa mencapainya dari Pangandaran dengan jarak sekitar 20 kilometer dengan kendaraan darat atau memakan waktu sekitar 45 menit. Jika menggunakan kendaraan pribadi sampai dengan sedang rombongan dapat mencapai lokasi parkir Green Santirah, namun jika rombongan banyak dengan menggunakan Big Bus harus dibantu dengan mobil antar jemput atau pick up, dari lokasi parkir Big Bus menuju Green Lokasi Tubing Sungai Santirah.

Waktu terbaik untuk datang ke Green Santirah Pangandaran adalah pada hari kerja (weekday), pilihlah jadwal river tubing paling awal, pada pagi hari dan untuk mendapatkan debit air sungai yang tinggi adalah pada awal musim hujan.

Green Santirah, Arung Jeram, Menyusuri Gua-gua diantara Curug atau Air Terjun

Mengarungi sungai Santirah, berarti Anda tidak hanya mendapatkan petualangan baru dari tubing dengan melintasi jeram dan jeram sungai, namun sekaligus menikmati pesona alam unik yang dimiliki Santirah, menembus gua-gua gelap penuh ornamen gua yang indah. masih aktif dan terus berkembang. melintasi beberapa air terjun alami atau air terjun di antara ngarai hijau yang tinggi dan terjal, serasa melewati lorong penuh ornamen unik di antara kedua dinding.

  • Mengarungi aliran Sungai Santirah sepanjang 1,5 km
  • Menyusuri 3 (tiga) riam dan jeram sungai Santirah
  • Melintasi 4 (empat) lorong goa bentukan alam karst
  • Melewati 5 (lima) Air terjun dan tebing indah

Cave Tubing, Salah satu yang menarik dari aktivitas River Tubing di Green Santirah adalah ketika anda benar-benar menembus lorong-lorong gua yang berada di jalur sungai, suasananya gelap, hening dan sunyi abadi yang bisa anda berendam ketika berada didalamnya.

Gua Kendang, memasukinya Anda akan merasakan kegelapan yang nyata selama beberapa menit. Peserta biasanya diajak meluangkan waktu sejenak menikmati kesunyian dalam gelapnya Gua Kendang. Bonus atraksi lainnya adalah bisa menikmati ornamen unik Gua Kendang yang mungkin belum pernah Anda lihat sebelumnya.

Curug Tirai, merupakan pesona unik Green Santirah yang pertama kali Anda temui saat memulai aktivitas river tubing, air terjun atau yang biasa disebut curug dalam masyarakat Sunda. Namanya diambil dari ciri khasnya, pancuran air terjun tersebut berjejer membentuk tirai atau tirai. Tenang saja, tidak cukup hanya menikmati pesona alam dari jauh saja, Anda dan rombongan bisa langsung menikmati sensasi diterpa hujan air terjun Tirai.

Curug Tirai di Green Santirah bukan satu-satunya curug atau air terjun yang bisa Anda jumpai saat arung jeram di sungai Santirah. Air terjunnya tidak hanya satu, bukan dua, melainkan ada beberapa air terjun:

  • Curug Batu Munding
  • Curug Mini
  • Curug Kembar dan
  • Curug Tiga

Jeram Batu Munding, salah satu favorit pengunjung Green Santirah. Jika permukaan air Sungai Santirah sedang tinggi, kita bisa melintasi arus liar di beberapa titik lokasi Santirah, meluncur deras dan meliuk-liuk di seluruh pipa seperti ular yang berenang di permukaan arus sungai. Sesekali kami terpaksa turun dari tubing untuk melompat dari tebing menuju pusaran dan arus sungai yang deras.

Kesehatan, hal-hal yang tidak diperkenankan untuk kegiatan river tubing adalah sesak nafas/asma, jantung dan alergi dingin, sejauh ini alhamdulillah tidak ada kejadian yang tidak terduga di Green Santirah..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *