Air Terjun Tukad Cepung, Pesonanya yang Eksotis dan Indah

air terjun tukad cepung
Air Terjun Tukad Cepung by Ha Thu
Rate this post

Mau tau pesona Air Terjun Tukad Cepung yang sangat menarik? Sekali lagi, Kabupaten Bangli menawarkan keindahan alam yang mengesankan tanpa mengunggulkan destinasi bahari Pulau Dewata. Terkenal dengan keterpencilannya dari laut, tempat ini seakan memiliki segala macam keunikan alam, dan daya pikatnya tidak berkurang. Seperti Air Terjun Tukad Cepung, Anda akan dibawa menyusuri sungai untuk melihat keindahan aslinya.

Terletak di desa kecil Penida Kelod, air terjun yang menakjubkan ini sebenarnya cukup mudah dijangkau, meski membutuhkan waktu lebih lama dari perjalanan biasa. Pasalnya, Anda harus berjalan kaki dari pinggir jalan umum, melewati sungai dan tebing yang kokoh.

Saat Anda melihat dua tebing berdiri berdampingan, Anda mulai melihat daya pikat dari destinasi yang indah ini. Bentuknya seperti gerbang seni yang menjulang tinggi, meski tanpa bantuan manusia. Di sepanjang sungai di balik tebing, Anda akan menemukan air terjun yang indah jauh dari hiruk pikuk kota.

air terjun tukad cepung maxgarda el daffa
air terjun tukad cepung maxgarda el daffa

Berikut Daya Tarik Air Terjun Tukad Cepung

1. Aliran di dalam gua

Air Terjun Tukad Cepung menawarkan keunikan yang tak terbendung bagi para penjelajah alam. Anda akan melihat aliran air melewati sebuah gua kecil, sebelum melanjutkan meluncur ke bawah ke daerah yang lebih rendah.

air terjun tukad cepung by viktoria renedo
air terjun tukad cepung by viktoria renedo

Aliran air di dalam gua membuat aliran air sedang, dan ukuran kolam relatif tinggi. Seseorang dapat bermain sepuasnya tanpa menyadari bahwa waktu telah berlalu. Air terjun setinggi 15 meter ini memang tidak terlalu deras sehingga memberikan pengunjung momen mandi yang lebih intens.

Pengepungan gua yang terbuat dari tebing kokoh juga membuat suara air yang masuk ke mulut semakin keras. Dan ketika dia masih berada di luar gua, suaranya tidak begitu jelas.

Saat Anda memutuskan untuk mandi di gua, mungkin Anda perlu membesarkan volumenya. Tentu akan menjadi pengalaman seru saat menikmati dinginnya air dan sejuknya udara yang menyelimuti tubuh Anda.

2. Destinasi yang indah

Suasana serba hijau juga tak lepas dari pemandangan alam yang terlihat di sepanjang jalan dari pinggir jalan menuju pusat air terjun. Alamnya sangat indah, rumput liar ada di mana-mana.

Air Terjun Tukad Cepung memberikan kesan alam yang mendebarkan. Anda bahkan dapat mendengar suara serangga hutan, seolah-olah mereka saling memanggil seperti nyanyian alam. Bagi yang suka tantangan, datang ke sini akan sangat memuaskan.

Tentunya hati-hati saat melintasi tepian sungai karena profil jalannya licin. Bebatuan yang terus-menerus tersapu air membuat permukaan batu dan tepian sungai menjadi licin.

3. Menarik dalam banyak hal

Jenis fotografi alam ini selalu menghadirkan pemandangan menarik di seluruh penjuru dunia. Saat Anda lewat di sini, sangat mendukung untuk berfoto karena eksotisme alamnya sulit untuk diabaikan. Dari sudut manapun Anda melihatnya, Anda menyadari bahwa air terjun unik ini layak untuk diabadikan selamanya.

air terjun tukad cepung by daniel russell
air terjun tukad cepung by daniel russell

Lihatlah bukaan gua, sisi hitam tebing, tirai air yang jatuh ke tanah, atau sinar matahari yang menyilaukan berkumpul di satu tempat dan dipantulkan. Bahkan jika Anda tidak memiliki keterampilan fotografi yang hebat, foto Anda dijamin akan terlihat bagus.

Air Terjun Tukad Cepung juga terlihat menarik dengan lumut yang menempel di berbagai bebatuan. Itu memancarkan getaran yang sedikit kumuh, tetapi memikat pada saat yang sama. Terkadang bebatuan berlumut itu juga dijadikan sebagai tempat bersandar, atau backdrop untuk pemotretan.

Air yang mengalir keluar dari gua mengalir deras, dan itu juga membuat orang berlama-lama. Kejernihan, riak air, dan bahkan dedaunan yang berguguran mengikuti arus. Jika Anda membawa kamera tahan air, Anda mungkin akan mendapatkan lebih banyak spot menarik untuk ditambahkan ke koleksi foto Anda.

Selain itu, di pintu masuk pusat air terjun terdapat pemuda setempat yang mengenakan pakaian adat Bali. Mereka biasanya bertanggung jawab untuk menemui penumpang dan memberi Anda petunjuk arah. Mungkin sapaan istimewa ini juga bisa dipilih sebagai subjek foto yang humanis.

Aktivitas yang Seru di Air Terjun Tukad Cepung

1. Mandi di kolam renang alami

Kolam alami yang terbentuk di gua-gua milik Air Terjun Tukad Cepung sangat cocok untuk menyegarkan pikiran. Saat Anda mulai masuk ke dalam air, udara sejuk mengelilingi tubuh Anda.

Diiringi dengan keunikan keheningan dan suara serangga di sekitarnya, pengalaman saat berendam dapat dimaksimalkan. Jangan ragu mau kemana sebelum memastikan membawa baju ganti.

Meski fasilitas di sekitar Tukad Cepung masih terbatas, ada tempat di mana Anda bisa sekadar berganti pakaian. Pasalnya, jika Anda tidak segera mengganti pakaian setelah mandi, Anda bisa mendapat masalah saat kembali.

2. Ambil gambar

Menambah koleksi foto Anda juga merupakan kegiatan yang tidak boleh dilupakan oleh setiap pelancong. Banyak sudut estetika area tersebut akan memberi Anda variasi bidikan yang menakjubkan.

Air Terjun Tukad Cepung semakin banyak peminatnya, salah satunya karena banyaknya spot foto disini. Bahkan terkadang turis mancanegara datang ke sini untuk mengagumi keindahan alam Indonesia.

Berfoto juga bisa meningkatkan rasa percaya diri atau mengumpulkan konten yang bisa diunggah ke media sosial. Bagi mereka yang suka memamerkan aktivitas tamasya mereka, memilih lokasi destinasi pemandian ini adalah keputusan yang tepat.

3. Rekam video

Membuat film dokumenter juga menghadirkan ruang kreatif yang lebih luas untuk perjalanan Anda. Sebaiknya pertimbangkan untuk mendokumentasikan aktivitas Anda daripada hanya menyimpannya sebagai foto digital atau cetak.

Tidak hanya membutuhkan kamera yang canggih, saat ini banyak sekali ponsel yang bisa memotret dengan resolusi 4K. Anda dapat membuat video hebat dengan alat ini.

Apalagi kalau kamu datang bersama teman-teman terdekatmu, pastinya nggak mau ketinggalan kan? Undang mereka untuk membuat video bersama, dan dokumen-dokumen ini dapat menjadi kenangan yang tak terlupakan di masa depan.

Fasilitas yang Tersedia di Sekitar Air Terjun Tukad Cepung

Tur Air Terjun Tukad Cepung akan membawa Anda melalui pengalaman kuliner yang luar biasa. Tidak harus selalu di sekitar pusat musim gugur, menu-menu tersebut bisa Anda temukan sebelum mampir ke Dusun Penida Kelod. Banyak penduduk setempat yang menawarkan dagangannya di pinggir jalan, sehingga Anda bisa mampir dan membeli.

Sedangkan di lokasi air terjunnya sendiri belum ada yang menjualnya sehingga menimbulkan kesan tersendiri. Minimnya fasilitas di pusar air terjun cantik ini justru mempertahankan kesan indah keliaran Bali.

Sementara itu, jika ingin menggunakan toilet, Anda bisa menggunakan fasilitas yang disediakan oleh penduduk setempat, biasanya di desa. Saat pertama kali datang ke sini, jika khawatir tersesat, Anda bisa mempertimbangkan untuk meminta pemandu.

Ada pemuda setempat yang bersedia merundingkan bantuan ini. Memang, menggunakan jasa pemandu wisata menambah biaya, tetapi itu adalah tindakan pencegahan terhadap hal-hal yang tidak terduga.

Air Terjun Tukad Cepung memang memesona, namun sepertinya perlu pembangunan agar lebih mengesankan. Bukan hanya keindahan alamnya yang tak terbantahkan, tapi juga fasilitas yang mengelilinginya. Peran pemerintah daerah dapat membantu masyarakat meraih peluang untuk meningkatkan perekonomian menjadi lebih baik melalui destinasi indah ini.

Alamat dan Rute Perjalanan Menuju Air Terjun Tukad Cepung

Memutuskan untuk berlibur ke Kabupaten Bangli akan membuat Anda berpetualang liar dengan pesona tersembunyi pemandian eksotis. Tepat di kawasan Tembuku Jalan Tembuku Bali, Anda bisa menuju ke Air Terjun Tukad Cepung yang menakjubkan.

Bepergian ke sana tidak sulit karena jalan berkontur cukup baik meski harus berjalan kaki ke dasar lembah. Berjalan melalui hutan Dusun Penida Kelod, setiap wisatawan akan merasa melewati pemandangan yang mengesankan.

Harga Tiket Masuk ke Air Terjun Tukad Cepung

Pilih jadwal kedatangan Anda di Tukad Cepung antara pukul 06.00 dan 18.00 WITA. Jika Anda ingin menikmati sisa-sisa matahari terbenam di dalam gua, sebaiknya Anda mempertimbangkan pergi setelah tengah hari, sehingga Anda tidak perlu menunggu terlalu lama.

Tidak ada pajak yang ditetapkan untuk air terjun yang indah ini, tetapi biaya tambahan mungkin berlaku jika Anda menyewa seorang pemandu. Tarif dapat dinegosiasikan langsung dengan yang bersangkutan, yang dapat bervariasi sesuai kesepakatan bersama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *